HeadLines

Cara menyusun rubik 3 x 3

Cara menyusun rubik 3 x 3

Akhirnya bisa juga menyelesaikan rubik 3×3 yang selama ini gagal terus menyusunnya. Saya coba uraikan semudah mungkin sehingga bisa diikuti oleh semua orang.
Ada beberapa rumus sebagai berikut :


Langkah pertama

Tentukan sumbu yang akan dijadikan patokan.

Contoh :
  1. Saat ini yang akan menjadi patokan adalah warna merah di dasar rubik. Lawan dari sumbu merah adalah rubik atas yaitu warna orange. ( lihat gambar )

  1. Buatlah tanda + di atas rubik dengan warna merah ( sesuai sumbu patokan ) seperti gambar dibawah
  2. Setelah terbentuk seperti + , perhatikan setiap sisi dari rubic. Lihat biji tepi dan samakan dengan sumbu di sisi yang ada. Jika sudah sesuai, putar 180″ sehingga semua biji tepi berwarna merah berada di dasar rubik. Lakukan ke semua sisi yang ada.
  3. Setelah itu perhatikan setiap biji sudut sebelah kanan yang sama dengan warna sumbu dasar ( merah ). Perhatikan sebelah kanan dari biji sudut warna merah tadi. Sesuaikan warna yang ada dengan sumbu sisi dengan melakukan putaran. Setelah biji sudut ( dalam hal ini warna kuning ) sesuai dengan warna sumbu, lakukan rumus sesuai dengan gambar dibawah
  4. Lakukan langkah 4 sampai terbentuk warna dasar terpenuhi. ( seperti gambar dibawah ). Langkah ini juga akan membentuk lantai 1 yang sama warnanya.
Selanjutnya kita akan membuat lantai 2

  1. Perhatikan bagian atas rubik. Saat ini warna sumbu adalah orange. Perhatian biji tepi yang warnanya sama sekali tidak mempunyai warna sumbu. ( contoh dalam hal ini adalah warna kuning dibagian atas dan warna biru dibagian sisi.
  2. Putar warna biji tepi biru ke arah sewarna dengan sumbu sehingga akan menjadi seperti ini
  3. Perhatikan warna kuning dibagian atas. Warna kuning sisi atas harus berlawanan dengan warna sumbu kuning
  4. Warna biru harus menghadap kita, lakukan rumus 1kanan, 2kanan, 3kanan, 4kanan. Kemudian putar sehingga sisi kuning menghadap kita, lakukan rumus 1kiri, 2kiri, 3 kiri untuk mengembalikan warna dasar ke posisi semula ( warna merah )
  5. Jika terjadi sebaliknya maka lakukan langkah terbalik. Contoh : warna kuning di biji tepi atas dan warna hijau ditepi sisi samping. Setelah warna kuning berlawanan dengan sumbu kuning di sisi berlainan, putar rubik sehingga warna hijau menghadap kita, lakukan rumus 1kiri, 2kiri, 3 kiri, 4kiri. Kemudian putar rubik sehingga sisi kuning menghadap kita, lakukan rumus 1kanan, 2kanan, 3kanan untuk mengembalikan warna dasar ke posisi semula ( warna merah ).
  6. Hasil yang akan diperoleh adalah sebagai berikut :
Membuat lantai atas.

  1. Untuk membuat lantai atas kita harus membuat sumbu tegak lurus terlebih dahulu (seperti gambar terlampir )
  2. Jika belum terbentuk ini Gunakan rumus panjang ( 12321223 kiri) untuk membuatnya.
  3. Setelah ada sumbu tegak lurus, buat warna atas seperti bentuk ikan.
  4. gunakan sumbu horizontal untuk melakukan rumus ini R, 2kanan, 1kanan, 4kanan, 3kanan, R’
  5. Jika sudah mendapatkan bentuk ikan tersebut ( dengan sudut ikan dibawah ) gunakan rumus panjang (12321223 kanan) untuk mendapatkan bentuk ikan terbalik ( sudut ikan terletak diatas )
  6. Setelah selesai, putar rubik sehingga posisi sudut ikan kembali dibawah. Lakukan langkah 5 sehingga lantai atas akan terbentuk.
Menyelesaikan lantai 3.

  1. Cari di sisi rubik warna biji sudut yang sama, kemudian geser sehingga membentuk huruf U
  2. Letakan warna ini disisi sebelah kiri. Kemudian lakukan rumus L, 1kanan, L, 1kiri, 1kiri, L’, 3kanan, L, 1kiri, 1kiri, L’, L’
  3. Akan terbentuk sisi yang sudah jadi ( dalam contoh ini adalah warna hijau). Letakkan sisi yang sudah jadi ini ke sisi paling belakang.
  4. Kemudian lakukan rumus M, M, 2kanan, 3kiri, 3kanan, M, M, 1kiri, 1kanan, 2kanan, M, M
     
  5. Selesai.

avatarAbout Author Zn-Xp (Fauzan)

  • Selamat Datang di Blog Yang Simple Ini Dan Jangan Ragu Untuk follow Blog Ini. Follow Twitter Saya ( @White_Heart_19 ) Dan Add Facebook saya ( Fauzan ) Dan Selamat Menikmati Kunjungan Anda Di Blog Ini

  • Posting Komentar - Back to Content

    Berkomentarlah dengan SOPAN.! ^_^
    [ Terima kasih sudah mengunjungi Zn-Xp ]